Rekonstruksi Perkara untuk Perjelas Pembunuhan dengan Rencana di Desa Watodiri, Kecamatan Ile Ape Timur, Kabupaten Lembata

Kamis. 21 Januari 2021 Tim Penyidik Kepolisian Resor Lembata melakukan Kegiatan Rekonstruksi Pembunuhan dengan Rencana yang berlokasi di Kawasan Hutan Bakau di Desa Watodiri, Kecamatan Ile Ape Timur, Kabupaten Lembata. Rekonstruksi dimaksud guna menegaskan Keterangan Saksi dan Tersangka di dalam Berita Acara Pemeriksaan Perkara sebelum Berkas Perkara dikirim ke Kejaksaan. Turut Hadir Jaksa Peneliti memantau kegiatan Rekonstruksi dimaksud, sesuai dengan Undangan dari Tim Penyidik kepada Jaksa pada Kejaksaan Negeri Lembata.

Rekonstruksi tersebut berkaitan dengan Laporan dari Warga kepada Pihak Kepolisian dugaan tentang Pembunuhan dengan Rencana yang dilakukan oleh Tersangka Klemens Kwaman, Fransiskus Dokan, Petrus Lempa, Yustinus Sole Ihing dan Mateus Lengari kepada Korban Kanisius Tupen yang ditemukan tidak bernyawa di Pantai Subabletar, Desa Watodiri, Kecamatan Ile Ape Timur, Kabupaten Lembata pada tanggal 24 April 2020 silam. Menurut keterangan dari Para Saksi, sebelum Korban Kanisius Tupeng ditemukan tidak bernyawa, Saksi terlihat curiga dengan gerak-gerik beberapa orang yang ditemui oleh Para Saksi di Pantai Subabletar sebelum korban meninggal. Laporan tersebut kemudian telah ditingkatkan menjadi Penyidikan.