Tim Jaksa Masuk Sekolah Kejari Lembata hadir di SMP Negeri 3 Ile Ape

Hari Selasa, tanggal 03 Februari 2020 yang lalu Tim Jaksa Masuk Sekolah (JMS) Kejaksaan Negeri Lembata melaksanakan kegiatan penyuluhan hukum di SMP Negeri 3 Ile Ape yang beralamat di Desa Waowala, Kec. Ile Ape, Kab. Lembata. Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Lembata Bpk. Devi Eko Istiawan, SH selaku Ketua Tim JMS Kejari Lembata beserta Tim datang pukul 10.00 Wita ke SMP Negeri 3 Lembata. Kedatangan Tim pun disambut hangat oleh Kepala Sekolah, guru-guru beserta siswa-siswi SMP Negeri 3 Ile Ape.

Seperti kegiatan JMS sebelum-sebelumnya kegiatan Jaksa Masuk Sekolah di SMP Negeri 3 Ile Ape dimulai dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Ile Ape, kemudian dianjutkan dengan pembukaan dari Tim JMS dan diikuti Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, terakhir sebelum kegiatan dimulai selalu diawali dengan berdo’a bersama agar seluruh kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

Tema yang diusung dalam Kegiatan JMS Kejaksaan Negeri Lembata tahun ini adalah “Generasi Milenial, Generasi Berprestasi dan Anti Korupsi”. Dengan penyampain materi meliputi Pengenalan tentang apa itu Kejaksaan, kemudian dilanjutkan dengan materi Perlindungan Anak yang disampaikan oleh Bpk. Devi Eko Istiawan, SH. dan materi tentang Cyber Crime dan Cyber Bullying yang disampaikan oleh Bpk. Rahmatullah, SH., selaku Kasi Datun Baru Kejaksaan Negeri Lembata.

Antusias para siswa terlihat saat sesi penyampaian materi dengan memperhatikan dengan tenang apa yang disampaikan oleh Bapak Jaksa dan juga terlihat saat sesi tanya jawab yang disampaikan oleh Bpk. Ari Sulton Abdullah, SH. selaku Jaksa Fungsional Kejaksaan Negeri Lembata, para siswa saling berebut angkat tangan untuk menjawab pertnyaan yang diajukan oleh Bpk Ari. Para siswa yang berhasil menjawab pertanyaan akan mendapatkan hadiah berupa bingkisan alat tulis yang berguna untuk keperluan proses pembelajaran d sekolah.

Diakhir acara diadakan sedikit ice breaking untuk para siswa-siswi yang dipandu oleh Saudari Putri, selaku anggota Tim JMS Kejari Lembata. Kegiatan ice breaking ini dimaksudkan agar suasana kelas kembali ceria dan siswa-siswi dapat merefleksikan semua materi yang telah didapat dari para Jaksa agar terserap dengan baik.

Harapan dari serangkaian kegiatan Jaksa Masuk Sekolah yang telah dilaksanakan di SMP Negeri 3 Ile Ape, agar setiap murid mampu memahami minimal sedikit tentang bagaimana hukum dijalankan, dan menjadi antisipasi agar dapat terhindar dari masalah hukum dikemudian hari. (bpu)